Kamis, 06 Desember 2012



TUGAS DARI PAK SUNARYO ISHAK
MAHASISWA PEND GEOGRAFI SMT 4A/4B
UHAMKA JAKARTA
Tugas evaluasi Belajar
PROSEDUR PRAKTIS
PENYUSUNAN SOAL



A. LANGKAH POKOK:
            1. SKL                        dibedah (peta isi untuk Indikator ) – (strategi) Kisi Soal disusun - Naskah Soal ditulis
2. KISI-KISI              (gunakan format dan susun indicator untuk soal-penilaian
3. SOAL                     itulis  (stem – option: kunci dan pengecoh)
4. REVIEW                mengedit dan merakit

B . STRATEGI SOAL:

1. Penguasaan Materi-Konstruksi-Bahasa
2.  Formula Indikator : Audience-Behavior-Condition-Degree (A-B-C-D)
      Ketika hendak menyusun indicator, penulis sudah memiliki design antisipatif  mengenai
bentuk (stem) soal yang akan digunakan.

3. Analisis Struktur Item Soal------------- match and link dengan indicator
   
                        A-udience                   B-ehavior                      C-ondition                 D-egree


 
                        Hadir secara                kompetensi dlm           tersaji di Stem            bobot soal
                        fisik menger-               bentuk (hasil)              -spesifikasi                  tuntutan behavior
                         jakan soal                   di option                      -sikon                          (simple/kompleks)
                                                                                                -problem
                                                                                                -sarana, dsb.

C. PANDUAN UTAMA PENULISAN SOAL PG:

1. Soal harus memperhatikan kaidah penulisan soal dilihat dari segi materi, konstruksi, maupun bahasa.
2. Soal yang dibuat menuntut penalaran tinggi.
3. Terkait dengan no. 2, di dalam pokok soal disajikan dasar pertanyaan (stimulus) pada setiap pertanyaan,
     misalnya dalam bentuk ilustrasi atau bahan bacaan seprti kasus, tabel, gambar dsb.

4.Soal harus fresh, maka jangan melihat soal lain ketika sedang mengonsep/menulis soal.
   Boleh melihat materi ketika belum memiliki kejlasan, tapi bukan soal lain.



KKO   -------------------- observable bagi guru (tester)
                        -------------------- demonstrable bagi siswa (testee)
INDIKATOR -----------  Proses (KBM) ---------------------  Metode/strategi PBM
                                    ----------- Hasil (Soal)     ---------------------  Evaluasi


CONTOH KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL UAN

Mata Pelajaran            : SOSIOLOGI                                    Kurikulum                   : KTSP
Satuan Pendidikan      : SMA / MA                            Jumlah soal/waktu       : 40 PG  (120 ’)


SKL, KYD

Kelas
/Sem

Materi

Indikator
No So

1.Mendeskripsikan interaksi social sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

1.Mendeskripsikan interaksi social yang teratur berdasrkan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
X/1
Interaksi Sosial
Proses/bentuk interaksi social

Syarat terjadinya
interaksi social



Factor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial

Disajikan contoh gejala interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasi bentuk atau sifarnya.

Disajikan empat gejala hubungan sosial, siswa dapat mengidentifikasi dua diantaranya yang tergolong syarat interaksi sosial (komunikasi atau kontak primer/sekunder)

Disajikan contoh interaksi sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi jenis faktor yang mempengaruhi/mendasarinya.
1


2




3



TUGAS  INDIVIDU :
Buat soal dengan  kisi-kisi, terutama indikatornya !
Gunakan kartu soal, misalnya seperti contoh !
 

Kepada,
Yth, Mahasiswa Pendidikan Geografi / Semester 4 A dan 4 B

Tugas !

  1. Perhatikan dan pahami Materi di atas
  2. Buatlah Kisi-kisi Soal Geografi untuk 20 soal, bentuk pilihan ganda
  3. Buatlah soal Geografi dalam kartu soal untuk 20 soal
  4. Susunlah soal sebagai instrumen tes
  5. Uji Cobakan soal tersebut di sekolah yang anda tuju , Pelaksanaannya pada minggu ke dua bulan Desember 2012
  6. Hasil uji coba di koreksi dan diberi nilai
  7. Mhn kerja sama dengan Sekolah yang anda tuju/ urus perizinannya ke bagian akademik
  8. Tugas individu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar