TUGAS DARI PAK SUNARYO ISHAK
MAHASISWA PEND GEOGRAFI SMT 4A/4B
UHAMKA JAKARTA
Tugas evaluasi Belajar
PROSEDUR PRAKTIS
PENYUSUNAN SOAL
A. LANGKAH POKOK:
1. SKL dibedah
(peta isi untuk Indikator ) – (strategi) Kisi Soal disusun - Naskah Soal
ditulis
2. KISI-KISI (gunakan format dan susun indicator
untuk soal-penilaian
3. SOAL itulis (stem – option: kunci dan pengecoh)
4. REVIEW mengedit dan merakit
B . STRATEGI SOAL:
1. Penguasaan Materi-Konstruksi-Bahasa
2. Formula Indikator :
Audience-Behavior-Condition-Degree (A-B-C-D)
Ketika hendak menyusun indicator, penulis
sudah memiliki design antisipatif
mengenai
bentuk
(stem) soal yang akan digunakan.
3. Analisis
Struktur Item Soal------------- match and link dengan indicator
A-udience B-ehavior C-ondition D-egree
Hadir secara kompetensi dlm
tersaji di Stem bobot soal
fisik menger-
bentuk (hasil) -spesifikasi tuntutan behavior
jakan soal di option -sikon (simple/kompleks)
-problem
-sarana, dsb.
C. PANDUAN UTAMA PENULISAN SOAL PG:
1. Soal harus memperhatikan kaidah penulisan soal
dilihat dari segi materi, konstruksi, maupun bahasa.
2. Soal yang dibuat menuntut penalaran tinggi.
3. Terkait dengan no. 2, di dalam pokok soal
disajikan dasar pertanyaan (stimulus) pada setiap pertanyaan,
misalnya
dalam bentuk ilustrasi atau bahan bacaan seprti kasus, tabel, gambar dsb.
4.Soal harus fresh, maka jangan melihat soal lain
ketika sedang mengonsep/menulis soal.
Boleh
melihat materi ketika belum memiliki kejlasan, tapi bukan soal lain.
KKO -------------------- observable bagi guru
(tester)
-------------------- demonstrable bagi siswa (testee)
INDIKATOR ----------- Proses (KBM) --------------------- Metode/strategi PBM
----------- Hasil (Soal) --------------------- Evaluasi
CONTOH KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL UAN
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI Kurikulum : KTSP
Satuan Pendidikan :
SMA / MA Jumlah
soal/waktu : 40 PG (120 ’)
SKL, KYD
|
Kelas
/Sem
|
Materi
|
Indikator
|
No So
|
1.Mendeskripsikan interaksi social sesuai dengan nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat
1.Mendeskripsikan interaksi social yang teratur
berdasrkan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
|
X/1
|
Interaksi Sosial
Proses/bentuk interaksi social
Syarat terjadinya
interaksi social
Factor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial
|
Disajikan contoh gejala interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasi
bentuk atau sifarnya.
Disajikan empat gejala hubungan sosial, siswa dapat mengidentifikasi dua
diantaranya yang tergolong syarat interaksi sosial (komunikasi atau kontak
primer/sekunder)
Disajikan contoh interaksi sosial di masyarakat, siswa dapat
mengidentifikasi jenis faktor yang mempengaruhi/mendasarinya.
|
1
2
3
|
TUGAS INDIVIDU :
Buat soal
dengan kisi-kisi, terutama indikatornya
!
Gunakan
kartu soal, misalnya seperti contoh !
Kepada,
Yth, Mahasiswa Pendidikan Geografi / Semester 4 A dan 4 B
Tugas !
- Perhatikan dan pahami Materi di atas
- Buatlah Kisi-kisi Soal Geografi untuk 20 soal, bentuk pilihan ganda
- Buatlah soal Geografi dalam kartu soal untuk 20 soal
- Susunlah soal sebagai instrumen tes
- Uji Cobakan soal tersebut di sekolah yang anda tuju , Pelaksanaannya pada minggu ke dua bulan Desember 2012
- Hasil uji coba di koreksi dan diberi nilai
- Mhn kerja sama dengan Sekolah yang anda tuju/ urus perizinannya ke bagian akademik
- Tugas individu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar